Sunday, June 10, 2012

Motor Impian Gue

Mumpung Sekarang Lagi Musim Euro 2012. Gak ada salahnya dong ya gue berbagi info tentang Moto Grand Prix. Atau yang lebih dikenal dengan nama MotoGp. Gue mau share tentang motor yang selama ini gue idam”kan. Yap benar siapa lagi kalau bukan sich master of cornering atau YZR M1. Gak tau YZR M1 yaa ? itulho motor yang dipake kang Valentino sampe bias Juara dunia 7 kali. YZR M1 adalah motor Prototype alias gak dijual masal. Kode YZR itu adalah nama engine yang dibenamkan Pabrikan Garpu tala ke siduka besi super itu sob. Dan kode M1 itu artinya Mision One. Keren kan ?. lebih keren lagi kalo ada yang mao beliin ke gue. (ngarep amat lu jar) Langsung aja “Perkembangan Yamaha YZR M1 dari tahun ke tahun” cekicrot.

 2002-2003
Tahun 2002 pertama kalinya menggunakan mesin 4 tak 990 cc sebagai ganti mesin 2 tak 500 cc. Oleh karena itu yamaha mendesain YZR M1 (Mission One) dengan mesin inline 4 dengan memakai swingarm pendek sehingga wheelbasenya paling pedek, supaya diharapkan M1 bisa memiliki kelincahan ketika menikung, oleh karena itu mesin YZR M1 didesain untuk masuk dichassis yang sama dengan YZR500. M1 juga dilengkapi dengan electronic engine management system yang mengontrol engine brake. Kemudian tahun 2003 M1 mengubah mesinnya dari karburator menjadi injeksi dan Engine Management System diganti dengan Idle Control System. Tahun 2003 Yamaha memakai shock stereo.. hah? ngapain kok dipasangin 2? pemakaian ini gara-gara handling M1 yang katanya masih kalah sama motor lawan lainnya.. tapi ini cuma bertahan sebentar doank... ditahun 2002 Biaggi mencapai 2 kali kemenangan dan menempati posisi ke-2 klasemen sama seperti yang dicapai Yamaha dalam Manufacrure's Championship. Tahun 2003 gak ada kemenangan dan Yamaha menempati tempat ke-3 di Manufacture's Championship Engine type: 4-stroke Displacement: 990 cc (60.49 cubic inches) Throttle: Cable operated Valves Valve train: DOHC, variable Valves per cylinder: 5 Fuel and ignition Sparks per cylinder: 1 Fuel supply system: Fuel injection Ignition type: Digital CDI Engine mounting: Transverse Lubrication system: Dry sump Gear box: Manual 6-speed Clutch: Dry, single plate, hydraulic operated Chassis and suspension Frame type: aluminium, twin spar Front Suspension: Cartridge - upside-down Brake: Twin Disk Rear Suspension: mono shock, Swingarm Brake: Disk Other ABS available: No Number of riders: 1 person

2004-2005

 Pada tahun ini Valentino Rossi menandatangani kontrak bersama Yamaha untuk 2 tahun dengan nilai sekitar 6 juta dollar permusim. Pada saat itu Rossi menerima banyak kritikan dari media dan bahkan penggemarnya bahwa dia tidak akan sukses dengan YZR M1 apalagi menaklukkan Honda RC211V. Pada tes musim dingin, Yamaha melangkah maju dengan kolaborasi antara Rossi dan Burgess, mereka memperbaiki M1 untuk memiliki pengereman yang baik dan handling yang bagus (dmana Rossi terkagum-kagum), dan kemudian mengawinkan hal itu dengan kesimbangan yang baik dan transisi ke Tenaga. Engineers Yamaha dibawah project YZR M1 pimpinan Koichi Tsuji melakukan eksperimen dengan beberapa buah mesin untuk memastikan penyaluran tenaga, dan akhirnya mereka melakukan yang terbaik dengan konfigurasi 4 katup persilinder. Mereka melakukan perubahan2 dari mesin screamer (dimana power didapat setiap 180 derajat crankshaft) pada mesin 4 langkah menjadi "long bang" (dimana mesi menghasilkan gelombang tenaga setiap 270-180-90-180 derajat). Mesin ini mirip dengan mesin V4nya Desmosedici tetapi dibuat pada mesin inline 4. Dengan hal itu dengan signifikan mengimprove karakteristik torsi dari mesin dan dipasangkan dengan perubahan posisi dari mesin di chasiss, membuat M1 sangat mudah dikontrol pada saat keluar tikungan. 

2006

 YZR M1 dan Rossi mengalami performa kualifikasi yang buruk dan kurang beruntung, Vale juga mengalami cedera ditengah musim. Pada tahun ini yang memenangkan lomba adalah Nicky Hayden dengan selisih 5 poin pada balapan final. Disini YZR M1 kembali dicat ulang dengan warna pabrikan kuning dan sponsornya Camel.

2007-2010

 pada tahun 2007 regulasi diganti dengan kapasitas mesin yang dikurangi dari 990cc menjadi 800cc untuk mengurangi kecepatannya yg dulu bisa mencapai 340km/h. YZR M1 tahun 2007 memiliki kemampuan pengereman yg baik, quick handling, high corner speed, dan lebih memiliki kontrol traksi. Tahun ini jg YZR M1 dicat kembali dengan warna biru dan Official Factory Yamaha Team diganti dari Camel yg dicat kuning mnjadi Italian Motor Manufacture Fiat yg dicat putih biru. Tahun 2008 YZR M1 menjadi motor terbaik diMotoGP. Rossi memenangkan Championship 2008 dengan mendominasi semua balapan. Jorge Lorenzo merupakan patner Rossi yang pertama kali menjadi Rookie pertama yang menang dengan M1 saat GP portugal dan mencapai 6 podium. Banyak orang termasuk Rossi mengatakan bahwa YZR M1 adalah motor terbaik tahun 2008. Pada tahun ini pertarungan Rossi dan Stoner diDucati mulai memanas.
 YZR-M1 2009 mesinnya sangat berbeda dari model mesin tahun lalu yang telah memenangi Kejuaraan Dunia 2008. Pada tahun ini YZR M1 diriset untuk improvisasi akselerasi saat tikungan dan meningkatkan permukaan sentuh dari ban depan dengan aspal sirkuit. Selain itu YZR M1 masih diriset dengan penggunaan engine management controls dan map agar pembalab mereka dapat membuka gas lebih cepat 2010
 Pengembangan M1 pada tahun 2010 dilakukan untuk meningkatkan hubungan antara pembalap dan mesin agar lebih mesra (bahasa enggrisnya sih “man/machine collaboration” ) Keseimbangan dan kekakuan sasis kembali diubah, selain itu aerodinamis juga diubah untuk meningkatkan sistem pendinginan mesin. Gyro sensors digabungkan dalam paket elektronis mesin untuk meningkatkan kemampuan wheelie dan traction control. Ketahanan mesin kembali ditingkatkan dengan target usia mesin 2000km!

 2011













Yamaha sudah pede dengan kemampuan mesin nya, dan harus mulai meriset mesin 1000cc untuk tahun 2012. Dan mengingat mesin M1 Lorenzo pernah terbakar di GP Jerman 2010, maka daya tahan mesin memang satu hal yang penting bagi Yamaha. Sedangkan sasis…sepertinya Yamaha tetap menyempurnakan sasis mereka, terbukti dari tahun 2004-2010 perubahan kekakuan sasis selalu dilakukan oleh Yamaha. 

2012
 

 YZR M1 yang memperkenalkan livery baru di 2012. Lihat saja goresan”baru di sekujur tubuh kuda besi balap mereka. Secara Umum, M1 2012 tidak terlalu biru dibandingkan M1 tahun tahun sebelumnya. Ada dua sponsor pelumas yang tertera yakni Eneos dan yamalube. dan tagline semakin didepan milik Yamaha Indonesia tetap tertera di bagian bawah. sama seperti tagline Honda di Tubuh RC213V . so ketika motor motor ini meliuk di tikungan, logo ini akan terlihat jelas. Nah itu tadi adalah tipe motor impian gue. seandainya aja gue dikasih. gak bakalan gue tolak dah. kasih mesinya aja juga gue seneng.c hehehehehe

0 comments:

Blogger Template by Clairvo