Sunday, April 5, 2015

Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sesat.

Sebelumnya gue mau ngucapin Selamat ulang tahun dulu, buat sahabat gua, Mohammad Rizky Hidayatullah atau Moriz celalu cemburu (nama sebenarnya).

Semoga amal dan ibadahnya diterima di sisinya. Aamiin.

Ngomong-ngomong soal Moriz, doi ini punya tipe badan yang gede. Gede banget. Sampe-sampe kalo dia mau nih. Duo tete yang lagi booming bakalan kalah sama tetenya moriz. Serius. Doi ini punya jenis badan tipe endomorph atau yang biasa kita sebut dengan istilah gemuk. Dan kalo udah ngomongin masalah badan. Morizlah yang paling gemuk diantara grup mesum kita ini. Jadi dengan data ini. Gua pengen ngajuin nama “Moriz” sebagai sebuah satuan baru di dunia science. Misal.

Kita gunakan 1 Moriz = 95 kilo. Jadi berat badan gua sekarang 62 kilo. Dibagi sama berat badanya Moriz yaitu 95 Kilo. Jadi kalo kita pake penjabaranya, berat badan gua jadi 62/95= 0.65 Moriz.

Beda sama Moriz, gua adalah orang yang bertipe ectomorph. Dagingnya dikit. Ibarat ayam, moriz itu ayam potong yang kalo jalan keberatan pantat. Sedangkan gua adalah ayam sekarat yang lagi nunggu malaikat maut dateng bawa piso sama wajan. Gua daridulu gapernah bisa yang namanya gemukin badan. Sekalinya gemuk, gemuknya bunciit gitu kaya terong-terongan afrika. Jelek banget.

Berat gua ga jauh jauh dari 55 sampe 60 kilo. Berbanding terbalik sama tinggi badan gua yang 177 cm. gara-gara Berat badan gua ini, gua sering minder sendiri di depan orang-orang. kalo mau bayangin gimana bentuk badan gua. bayangin aja tiang dikasih tangan.

“Lu mau masuk sekolah pelayaran pake badan kerempeng gitu ?” Bokap gua, suaminya nyokap 47 tahun wiraswasta punya anak 3. Yang satu ganteng yang duanya figuran doang.

Satu kalimat yang bikin gua mikir lagi. Tumben bokap gua bener. kalo nanti gua ditampol senior terus badan gua kepotek kaya lidi-lidian kan lucu. Belom lagi tes masuk kesana juga kan ngandalin fisik yang prima. Kaya buat lari, push up, pull up. Ga Cuma kemampuan otak yang diuji. Kalo Cuma pake otak doang nanti gua keseret badai kelelep gimana ?. atau misal gua kepeleset waktu lagi ngefeel di pinggiran kapal terus tenggelem ?.

Makanya mulai dari dua buan yang lalu gua udah mulai latian fisik. Mulai dari olahraga tangan, sampe olahraga mulut. Iya gua ngemil. Dan diawal gua olahraga niat gua Cuma buat gemukin badan doang tapi semakin kesini kayanya olahraga kok enak yah. Dan mulailah jadi sebuah rutinitas buat gua. Rutinitas yang gua jalanain sampe sekarang walaupun hasilnya juga belum terlalu keliatan.

Olahraga. Kalo udah denger kata itu mungkin kalian bakal mikir “males ah”. Padahal olahraga itu penting lho. Supaya badan kita selalu fit dan ga gampang cape. Plus bisa bikin badan tinggi juga kalo kita milih olahraga yang bener. Dan gua disini bakalan ngebagiin tips biar olahraga jadi sebuah rutinitas yang menyenangkan buat kalian. Caranya ?.

Cekicrot.


1.       Motivasi.
Lah ko motivasi ?. iyalah motivasi ini penting pake banget. Kenapa ? karena kalo kalian udah mulai males-malesan. Kalian bisa jadiin sesuatu sebagai motivasi kalian biar kalian jadi semangat lagi. Kadang kan ada waktunya tuh kita udah mulai jenuh dengan rutinitas sehingga kita juga udah mulai ogah-ogahan buat olahraga. Nah disinilah waktunya kalian inget motivasi awal kenapa kalian olahraga. Intinya sih biar kalian terus semangat. Bikin motivasi yang simple tapi ngena. Gausa bertele-telelah. Apa motivasi gua buat olahraga ?. mau masuk pelayaran ?. salah. Motivasi gua adalah “Gua mau gede-gedean tete sama cewe gua nanti.”Simple.

2.       Jadiin olahraga itu menyenangkan.
Ha ?. emang bisa ?. bisa jeh. Coba aja lu lari pagi-pagi di tempat umum. Pasti lu akan dapet pemandangan yang menyenangkan. Pemandangan abege-abege (semok) gemes yang biasanya lari berkelelompok bareng temenya. Beuh bikin semangat. Atau engga ajak aja temen-temen lu buat olahraga bareng, misal main basket. Disamping bikin badan lu fit juga kan bisa ningkatin skill lu buat main basket.yaa  Biar ga bego-bego amatlah. Kaya gua nih. Dulu gua gabisa masukin bola ke ring, tapi sekarang tetep gabisa. Jadi kalo gua udah ngeshoot nih. Temen-temen gua pada nungguin dibawah ring nungguin bola rebound sambil bilang "Udaah biarin si Fajar ngeshoot, bego dia. gabakalan masuk.. (bola pantulan dari shoot yang ga masuk)

3.       Ngaca
Ini penting banget.  Coba bandingin bentuk badan lu dulu, sebelum dan sesudah menjalani aktifitas olahraga. Liat bedanya. Orang yang biasa olahraga bakalan keliatan bentuk otot-ototnya. Walaupun  aga ga jelas tapi lama kelamaan juga kan bakalan jadi tuh otot. Asal diimbangin sama makan yang teratur. Ngaca juga bikin kita terus termotivasi buat bagusin badan. Yah walaupun face ga mendukung tapi kalo badan jadi kan mendingan. Ada nilai lebihnya dong.

4.       Bikin tempat Fitness sendiri dirumah
Permasalahan terbesar seorang pelajar kaya gua adalah duit. Dan untuk bayar sewa Gym perbulan juga gua bakalan mikir-mikir lagi. Jadi untuk mensiasati itu semua gua bikin sendiri alat fitness gua untuk dirumah. Bahanya ? gua Cuma pake barbel semen doang. Sisanya gua pake calisthenics,
Apa itu calisthenics ?. calisthenics itu adalah seni olahraga yang memakai berat badan kita sendiri buat jadi bahanya. Kaya misal push up, pull up, sit up. Jadi, buat pelajar berdompet mayoritas Pattimura kaya gua sih. Ini olahraga yang murah meriah. Dan bisa dirumah lagi. Gausa berbagi keringet sama orang orang kan ?


1.      5. Gausa lama-lama, yang penting rutin.
Buat kalian yan5g gila urusan, yang walaupun gapunya kerjaan tapi tetep diada-adain. Kaya kehidupanya ini gapernah nganggur. Mungkin olahraga bisa kalian jadi satu aktifitas harian yang menyenangkan. Gaperlu lama-lama deh. Kita bukan binaragawan, yang mungkin kalo lagi eek ngedenya sambil megang barbel. Dasar dari olahraga sendiri kan agar badan kita jadi fit, sehat, dan ga gampang cape. Jadi daripada kalian olahraganya 2 jam tapi seminggu sekali. Kenapa ga coba cara lain kaya olahraga 30 menit di rumah tapi rutin tiap hari. jadi rutin dan ga setengah setengah gitudeh keliatanya. harus totalitas!

mungkin itu dulu aja dari gua sebagai penulis, editor, sekaigus sebagai author dari blog ini. karena anggota-anggota laknatnya yang lain gaada yang mau berbagi tips dan trick gajelas.

sebentar lagi juga gua mau UN nih. doain lulus yah. doain gua gak luh. doain gak!. jangan macem macem disini lu.


Jakarta, 06 April 2015.
Fajar Fachri Maulana




2 comments:

  1. Ngakak bgt sama gambar yg terakhir wkwkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. i dont know who you are. but i will find you. and i will laugh together with you.

    ReplyDelete

Blogger Template by Clairvo