Thursday, March 19, 2015

Another story of Budi

“Suatu saat, gua akan dateng lagi.” Kata Budi.

Budi, seorang siswa SMA yang biasa aja, biasa ribut, biasa nyontek intinya biasa aja. Budi berasal dari keluarga menengah kebawah. Hidup terpencil di sela sela perkampungan di Jakarta. Tau daerah Kelapa gading ?. nah tepatnya disitu. Kelapa gading itu Cuma pinggiran rumahnya Budi. Budi tinggal di kawasan elit (ekonomi sulit) disamping Kelapa Gading.

Sejak kecil Budi hidup di Jakarta. Ayahnya adalah seorang perantau asal kota Lamongan, Jawa Timur. Sementara ibunya sama seperti ayahnya. Berasal dari desa yang sama, namun berbeda dusun. Walaupun sejak kecil tinggal di Jakarta, namun Budi sangat fasih berbahasa jawa. Lebih tepatnya Jawa-Jawa Jancok. Misal.

“weh cok, nandi wae ?, ta’ kirowe wes petung ndinane” (weh cok. Darimana aja, gua kira udah tujuh harianya.)
“Jancok raimu cok. Koen seng gak matek matek” (jancok mukalu tuh cok. Elu yang ga mati-mati.)

Rasanya kalo kita bicara tentang bahasa suroboyoan. Nampaknya kurang pas kalo gak kita tambahin tuh kata kata jancok. Jancok kaya udah jadi kata-kata pelengkap yang gaenak kalo ga ditambahin. Jadi, kalo kalian mau tau dia orang suroboyo atau Cuma suroboyo boongan. Kalian bisa liat dari seberapa fasih dia ngomong Jancok. Mau tau cara bacanya ? pengen jadi anak gaul suroboyo dengan kata kata khas mereka. Caranya gampang.

Pertama, cari temen kalian yang orang jawa. Pergilah kerumahnya. Lalu katakan ini ke orang tuanya.
“Jancok bu, pa”
Niscaya kalian akan diusir.
(FYI : (for your information)
Jancok memiliki arti sama dengan kopulasi. (gatau kopulasi ? aduuh. Itulho ehem ehem. Ituuu..)

Hidup di perkampungan terpencil di daerah jakarta. Membuat budi udah banyak merasakan asam manisnya kehidupan jakarta. Apalagi di daerah tanjung priuk yang notabenenya “rawan” dari aksi kejahatan.

Bukan Budi namanya kalo dia ga mencoba hal-hal baru. Nyolong besi dari kontainer, Bm-bman di atas kontainer, dan masih banyak lagi. Pernah suatu ketika saat Budi sedang Bm-Bman mobil bak. (itulho mobil yang buat ngangkut sayur, yang belakangnya kosong. Tempat naro barang).

Bm-Bman udah jadi hal yang biasa buat Budi. Apalagi kalo Cuma losbak. Ah kecil. Saat itu, Budi berniat ingin Bm-Bman. Selepas isya dia pergi ke jalan raya bersama teman-temanya. Menunggu di pinggir jalan dan mulai merencanakan akan pergi kemana mereka malam itu. Budi pergi bersama dengan 3 sahabat masa kecilnya, yaitu Pimen, Bengek, dan Harun.

“weh, mau kemana nih ?” tanya Budi.
“udaaaah. Yang penting Bm-Bman.” Kata Pimen.
“tujuanya ?” tanya Budi lagi.
“udaaaah. Yang penting Bm-Bman.” Bales pimen lagi.
“men, lu cepirit yah ?”
“udaaaah. Yang penting Bm-Bman.”

Malem itu mereka gatau mau kemana. Gada tujuan yang jelas. Seperti kata kata pimen tadi. “yag penting Bm-Bman”.

Mereka akhirnya sampai di jalan raya. Banyak kendaraan lalu lalang. Mulai dari sepeda motor, hingga kontainer yang rodanya segede sepeda motor. Semuanya ada di disini. Memang, jakarta utara terkenal akan daerahnya yang dipenuhi oleh truk-truk besar dan kontainer.

“men pantek men, losbak ajalah.” Gua nyuruh Pimen.
“iyaaa,” lalu pimen ngangkat tanganya setinggi bahu dan ngacung-ngacungin jempolnya.
“weh coeg. Ini bukan joki 3 in 1 weh.”kata Harun marah.
“noh noh ada losbak biru. Ketengah sono. Minta tumpangan.”

Akhirnya Pimen berjalan ketengah jalan, diem di jalanan dan nunggu losbaknya berhenti. Akhrinya mereka semuapun naik, kecuali bengek. Bengek ini orangnya kerempeng. Kaya jajanan lidi-lidian yang di sd lah. Mungkin karena badanya yang kaya lidi-lidian itu tadi kali yang bikin bengek gabisa naik. Semua yang udah naik terus terusan nyoba buat narik bengek untuk naik. Tapi hasilnya nihil.

“Losbaknya jalan weh buruan!” teriak Budi.
“ngeeek-ngeeeek hidup lu nyusain orang aja. Ga bermanfaat” kata pimen sambil narik-narik bengek.

Losbaknya beneran jalan. Mereka bertiga parno karena bengek masih juga belum bisa naik. Tapi tangan bengek masih terus megangin tanganya pimen sambil lari larian ngejar tuh losbak. Bengek ngeliatin pimen, dan pimen ngeliatin bengek. Bergandengan tangan. Pasangan yang serasi. Sekarang posisinya pimen di samping kiri losbak dan bengek lari larian sambil menggandeng tangan pimen.

“lepasin gua men.” Kata bengek
“gua gamau lu pergi.” Jawab pimen.
“kita udah gabisa bareng lagi. Cukup sampe sini aja yah” jawab bengek kaya orang mau putus.

Bengekpun ngelepasin tanganya pimen. Suasana tiba-tiba berubah jadi mengharu biru. Kita semua masih tetep mikirin cara agar bengek bisa naik. Dia gaboleh ketinggalan. Kita pergi bertiga, pulang juga mesti bertiga.

Budi punya ide.

“Men, gua mau lompat. Nanti lu susul yah” kata Budi.
Ancur emang idenya. kaya muka orangnya.

Ngeliat bengek yang lari-larian membuat hati Budi kesentuh. Dia gamau ninggalin temenya gitu aja. Budi panik. Padahal tuh losbak udah jalan kira-kira di kecepatan 40 Km/jam.
Budipun akhirnya loncat.

Sial bagi Budi, setelah lompat dia udah gabisa inget apa-apa lagi tentang kejadian tadi.. emang ide yang briliant.

“Ibu mana ?, Ibu ?, Ibuuuu.....” kata Budi.
“Bud, lu gapapa kan bud ?” tanya pimen.
“Ibu manaaaa ? ini dimanaaaa ?” jawab Budi.

Seketika itu juga Budi langsung jadi topeng monyet dadakan. Banyak orang ngerubungin dia hingga jalanan jadi macet. orang- orang yang nontonin Budi langsung bikin lingkaran, terus ngerubungin Budi. 

Banyak yang ngira nyawa Budi udah lewat. Beruntung bagi Budi. Dia Cuma pingsan dan dapet luka ringan ditangan.
“kasih air dulu nih. Dia pasti kaget” kata bapa-bapa yang ikut nonton.
(pimen ngebuka tuh air mineral. Terus diguyur ke kepalanya budi)
“Pimen bego. Yang dimaksud bapa-bapa tadi tuh disuruh minumin. Kenapa lu guyur ?. “ kata Harun.

Budi yang masih terus terusan nangis, Pimen yang begonya unlimited, bengek yang masih syok dan gapercaya, serta Harun yang keliatan ikut prihatin. Mereka berempat akhirnya pulang. Dan topeng monyet dadakan tadipun berakhir.

Malem itu, rencana Bm-Bman mereka gagal

Dari cerita diatas kita bisa tau kalo Budi itu orangnya panikan dan gegabah. Dia gatau apa akibat yang akan diperbuatnya kelak. Yang ada di pikiranya cuma “gimana nyelesaiin suatu masalah dengan cepet”. Tanpa mikirin kelanjutanya bakal giaman. Dan yah, Terlalu cepat mengambil keputusan akan membuat kita keliatan bego. Dan hal inilah yang akan membuat hari-hari Budi kedepanya akan menjadi lebih sulit.

Bab 1. Cinta pertama yang berkesan
Cinta pertama itu susah banget buat dilupain. Entah itu berakhir manis ataupun sebaliknya. Entah itu tersampaikan atau tidak. Intinya, cinta pertama adalah hal yang paling berkesan. Pada saat itulah kita pertama kali diajarkan bagaimana caranya mencintai. Dan biasanya, apapun yang bersifat “pertama kali” akan selalu dikenang. Selalu.

Begitu juga dengan Budi.........

hoaammssss ngantuk ah.

0 comments:

Blogger Template by Clairvo