Sunday, June 7, 2015

Masih bingung mau jadi apa ?

Pengumuman nilai UN SMA udah lewat. Dan gua masih aja shock ngeliat nilai UN Kimia gua yang 4,5. Hebat yah gua. bahkan nilai UN aja bisa sampe punya semangat kemerdekaan. Dan untungnya sampe sekarang yang tau tentang tuh nilai di keluarga gua cuman emak gua doang. Jadi yah kemaluanku sedikit tertutupi lah.

“Bu, masa adek kelasku nilai Unnya ada yang 4 tau bu” kata adek gua yang cewek.
*emak langsung ngeliatin gua*
“Hah kenapa bu ?”  gua pura-pura bego.
“iya tau bu. Nanti mau jadi apa yah dia kalo udah gede kalo nilai Unya segitu”
*emak ngeliatin gua lagi, sekarang makin serem*
“untung dulu aku nilainya gak segitu yah bu” timpal ade gua yang cewe lagi.
*gua pergi. Takut digantung*

Kayanya dalam beberapa bulan belakangan gua jadi makin bersahabat sama yang namanya apes. Jadi apes udah kaya temen gua sehari-harilah. Kita udah lama pedekate. Mulai dari ditinggal pacar, gaikut snmptn, nilai un ada yang ngulang dan sekarang masih luntang-lantung sama masa depan. intinya sekarang gua masih bingung buat ngelanjutin kemana gua akan kuliah nantinya.

Hidup gua ini, Untuk apa ?

Pertanyaan simple yang selalu bikin gua ngerenung. Jadi gua ini hidup untuk apa ? untuk siapa ? dan bisakah gua bermanfaat untuk orang banyak nantinya ?.

Gua gamau nantinya Cuma jadi karyawan yang tiap hari kerjaanya cuman mantengin komputer doang. (ah masih untung lu dikasih kerjaan jar).

Oh okeh-okeh. Sekarang gini deh yah. Semua orang itu punya passionya masing-masing. Ya kalo emang passion gua bukan jadi karyawan gimana ?. dan nantinya gua malah jadi kurang produktif ?.
Sekarang gua jelasin dulu deh apa itu passion.

“Passion adalah suatu hal dimana lu ngerasa enjoy untuk melakukan sesuatu dan lu bersedia melakukan itu bahkan tanpa dibayar sekalipun”

Panjangnya sih gitu. Jadi kalo diantara kalian ada yang hobinya mumet sama komputer seharian yah well. Passion kalian emang di komputer. Karena kalian menikmati apa yang kalian lakukan dan saat mendapat hasilnyapun walaupun kecil kalian akan sangat senang.

“Lah kalo gitu passion gua makan jar. soalnya gua sangat menikmati apa itu makan dan tanpa dibayarpun gua akan tetep makan.”

Kalo gua jawab secara negatif gua akan bilang “Bodo Amat. Semua orang juga perlu makan.”
Tapi kalo positif. Yah tinggal cari aja pekerjaan yang ada hubunganya sama makan memakan. Kaya jadi kritikus makanan,  pencicip hidangan kerajaan. Tapi apakah semua itu banyak dibutuhkan di masyarakat sehingga jadi sebuah lapangan pekerjaan ?. enggak kan ?.

Nah maka dari itu gua akan nyoba sedikit berbagi tentang “Bagaimana menjadikan passion kalian itu sebagai uang”. Siapa coba yang gamau hobinya dibayar kan ?.


1.       Cari passion kamu

Buat yang udah punya hobi. Kaya olahraga, menggambar, menulis atau yang lainya. Mulai sekarang. Cobadeh fokus sama hobi kalian itu. dan jadikan diri kalian sebagai orang yang udah bener-bener expert dalam bidang itu. kaya misal kalo kalian jago menggambar yah yauda. Belajar terus. Kan ada banyak tuh cabangnya kaya menggambar arsitektur, kartun atau bahkan menggambar model-model pakaian. Kalo suka design yah coba aja buat design sendiri lalu bikin produksi pakaian dengan nama kalian sebagai brandnya. Bukanya keren tuh ?. kaya “Fajar Fachri Secrets” yah dari bawah dululah kan semuanya butuh proses. Ga ada yang instan. kaya design pakaian pengantin buat temen. Sarung sunat tetangga. Nantikan juga lama-lama jadi berkembang tuh. Duit. Im coming.

Dan sekarang buat kalian yang masih bingung sama passionya sendiri. Cobadeh mulai sekarang kalian nyoba cari dengan serius apa sih passion kalian sebenarnya. Ini seriuslho. Manfaatnya sih gak sekarang tapi untuk kehidupan kalian kedepanya nanti. Kadang kan ada tuh orang yang udah kerja tapi ngerasa gak kerja. Jadi bawaanya Cuma ngeluh dan males-malesan doang di kantor. Karena apa ?. ya karena tadi. Mereka gak menikmati apa yang mereka lakukan. Kalo passion mereka disitu seharusnya yah mereka ga akan ngeluh dong. Malah makin tertantang. Ya gak ?.


2.       Dalami passion kamu. Buatlah kamu benar-benar jadi seorang ahli dibidang itu.


Seperti yang udah gua bilang diatas. Dalami passion kamu. Teruslah belajar untuk membuat passion kamu menjadi lebih baik lagi dan lagi. Lihat perkembangan yang udah kalian capai. Buat target. Kaya misal, hari ini gua bisa nulis satu artikel dengan waktu 3 jam. 
Seminggu lagi gua akan ngelakuin hal itu hanya dengan waktu dua setengah jam.

Bingung ?. sekarang gini deh. Kuli bangunan sama arsitek bedanya apa ?. kan sama-sama bangun rumah tuh ?. nah, bedanya kan kalo arsitek udah tau seluk beluk rumah secara detil dan terencana. Arsitek selalu  memperhitungkan setiap inchi bangunan yang ia buat. Kaya kualitas tanah di sekitar rumah, ketahanan pondasi bangunan dan lamanya rumah tersebut dapat bertahan. Sedangkan kuli bangunan ?. hayo ?.


3.       Hadapi mental block.

“I Still remember when my teacher told that football wouldnt give me anything to eat.” – Cristiano Ronaldo. Pemain Sepak Bola Profesional.

Kita tau bahwa hobi adalah urusan selera, tergantung pribadinya masing-masing. Jadi ya kalo ada orang yang berpendapat mengenai hobimu yang nyeleneh. Yasudah biarkan saja mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Asal jangan sampai membuat kamu jadi berkecil hati dengan hobimu itu.

Gua pernah cerita ke kakek gua kalo gua mau jadi seorang penulis. Dia langsung ngerespon dengan kata-kata.
“Gawe opo koen pengen dadi penulis iku. Ga’ono dui’e (Buat apa lu jadi penulis, ga ada duitnya)”.

Yah tadinya gua langsung down dan membenarkan apa yang ia ucapkan. Kalo penulis itu ga ada duitnya. Tapi buat gua, hidup kalo gak sesuai sama apa yang kita inginkan juga belum tentu bisa disebut hidup. Gua Cuma mau melakukan apa yang gua suka dan selalu berusaha membuat itu menjadi bermanfaat bagi orang banyak. Simple.
Toh bukankah kalo kita berdoa dan bersungguh-sungguh tuhan akan selalu merestui apa yang kita lakukan ?. Gua selalu ngerasa enjoy dan bersemangat saat nulis. kalo ada yang bilang gua bego karena nulis hal-hal yang belum tentu dibaca orang. Yah gua emang bego. Tapi gua enjoy dengan kebegoan gua itu selama itu bisa bermanfaat untuk orang banyak. Contohnya kaya artike ini.


4.       Lihat peluang lapangan pekerjaan yang ada.


Jadi ceritanya lu hobi sama yang namanya makan nih. Tapi apakah hobi makan itu bisa dijadikan sebagai suatu pekerjaan yang bisa menghidupi kita ?. ya, ada sih orang yang kerjaanya Cuma makan tapi mereka digaji. Kaya presenter acara makan maknyos dan sebagainya. Tapi apakah lapangan pekerjaanya banyak ?. nah, untuk mensiasati ini kalian bisa juga sambil belajar masak. Kan bisa sekalian jadi chef tuh dan chef sendiri kan lapaangan pekeraanya luas. Bisa direstoran, dikantor ataupun dikapal. Jadi gak semua hobi kalian itu lapangan pekerjaanya gede. Yah semua juga tau kalo kita hidup dengan uang. Dan tanpa pekerjaan, kita jadi gak punya uang. Jadi kitalah yang mesti nyelenehin hobi kita tadi, selama gak terlalu jauh kita masih bisa enjoy kok.


Mungkin segitu dulu dari gua. kalo ada yang mau ditambahin yah silahkan. Monggo di laman komentar. Oiya, minta doanya yah. Tanggal 9 besok gua mau ujian masuk perguruan tinggi negeri. Doain gua masuk di jurusan pendidikan sastra dan bahasa indonesia. Semoga gua dan semua temen gua keterima di ptn yang kita inginkan. Aamiin. Makasih yah. Cantik deh.

Fajar Fachri Maulana
07 Juni 2015

image by google.co.id


4 comments:

Blogger Template by Clairvo