Monday, June 1, 2015

Mandi

“Dyah, coba liat keluar nak, hujan gak ?”.
“Enggak tuh. Kenapa Bu ?”.
“Itu, Mamasmu hari ini mandi. Mukjizat banget.”
Well, sebagai pengangguran sementara.  Akhir-akhir ini gua jarang banget sama yang namanya. Mmmhhhh apa itu namanya. Yang ini lho yang nyiram diri sendiri pake gayung, trus ngusap ngusap diri pake sabun sambil ngerenungin nasib. Nnnngghhhh Maannn....

Ah Bodolah

Entah kenapa akhir-akhir ini gua jadi paranoid sendiri sama yang namanya mandi. Apalagi kalo udah tiduran di kamar seharian. Bawaanya Cuma pengen tidur atau ga mainin hape. Gua gabakalan keluar dari kamar kalo ga dipanggil sama nyonya besar(baca: Mak lampir). Jadi ya, buat keluar aja jarang. Apalagi mandi.

Padahal yah, mau mandi ga mandi itu juga kan urusan pribadinya masing-masing. Kadang ada orang yang keringetan dikit langsung buru-buru cari kamar mandi. Tapi ada juga orang laknat gatau diri yang bahkan sampe 2 hari dia ga mandipun tetep dengan pede petentang petenteng keluar rumah tanpa peduli sama bau badanya. Kaya gua.

“Save our earth, prepare your nose”

Sebenernya daridulu gua pengen bikin sebuah gerakan Indonesia Hemat air bersih Ekstrim. Jadi disini kita ga cuman hemat-hematan kaya matiin keran air yang ga kepake atau sekali bilas saat mencuci. Tapi lebih ektrim lagi, kaya Mandi 7 hari sekali, Cebok satu gelas air mineral, kencing daur ulang. Dan hemat buang keringat. Tujuanya apa ? agar kita semua sadar. Bahwa air adalah sumber kehidupan. Dan tanpa adanya air kita semua pasti gabakalan hidup. Jadi, dengan adanya orang-orang yang kebauan di samping gua. Gua mau mereka sadar. Kalo air itu sangat-sangat penting. jangan sia-siain air ya gays.

Gua, sebagai duta Air Limbah dan Buangan WC udah bikin questioner ke 439.000 orang pemakai WC duduk. Dan ternyata setengah dari mereka tetep jongkok di WC duduk. Ajaib.
Ya ya gua tau ini ga nyambung.

Back to the bathroom. Dan dari pengalaman gua ngintipin orang di kamar mandi. Ada beberapa tipe orang dilihat dari bagaimana cara ia memakai kamar mandi. Mulai dari yang baru masuk lima detik udah keluar, atau sampe yang bikin novel di kamar mandi saking lamanya dia di dalem. Cekicrot.

1.       Mandi Bebek

Gua gatau darimana istilah ini berasal. Tapi istilah ini ditujukan buat orang yang kalo mandi itu cepet banget. Jadi menurut orang-orang yang melakukan rutinitas “mandi bebek” ini. Mandi Cuma dijadiin syarat doang buat mereka menjalankan aktifitas. Ato ga, buat mereka yang lagi buru-buru. Supaya nanti kalo mereka ditanya sama temenya udah mandi apa belom mereka bisa bilang udah. Padahal kenyataanya, mereka Cuma cuci muka doang. Tipe kaya gini sih biasanya anak kecil yang buru-buru mandi saat Upin-Ipin Iklan, Atau engga orang dewasa yang buru-buru mandi saat Naruto Iklan. Persetan sama bersih kalo gak cepet keburu Narutonya mulai.


2.       Mandi Muhasabah


Pernah gak sih lu liat ada orang yang mandinya lama, tapi ga kedengeran sama sekali ada suara guyuran airnya ?. jadi mereka ini di dalem kamar mandi ngapain ?. well. Mungkin kalian bakalan kagum sama gua yang udah susah payah merhatiin orang mandi. Sampe guyuran airnya aja gua perhatiin. Tapi ini serius. Tipe orang kaya gini ini biasanya lagi ngerenungin nasibnya sendiri di kamar mandi. Sambil jongkok dan so-so mikir. Tipe kaya gini ini bakalan ngabisin banyak waktu untuk sekedar bermuhasabah dan berintrospeksi diri. Sambil diiringin bau-bauan tidak sedap mereka akan merenung tentang nasib, takdir, dan pilihan hidup mereka di dunia. Emang ga ada tempat yang lebih asik buat ngerenung apa yah ?.



3.       Mandi Karaoke

Gak perlu gua jelasin lah yah. Dari namanya aja mungkin kalian udah bisa nyimpulin.
(buat cewe-cewe yang bertipe kaya gini. Gua siap kapan aja lho seumpama diajakin duet karakoean bareng.)






4.       Mandi Kembang

Jadi ceritanya lu abis disantet mantan pacarlu nih. Karena milih Baso urat padahal pacarlu milih baso tusuk. Nah, buat ngilangin santet dan pengaruh demit yang ada di badan lu itu. biasanya orang-orang pintar (lulusan UI) bakalan ngasih rekomendasi buat mandi kembang. Lebih rekomendasi lagi kalo kembangnya itu 7 rupa. Jadi ada 7 macem kembang gitu. Nah biar lebih mujarab lagi, biasanya bakalan disuruh nyari dari 7 sumur yang berbeda itu airnya. Biar khasiatnya makin mantep lagi. Dianjurkan mandi diatas jam 12 malam. –Mbah Fajar Abdi Celana Ndalem. Orang pintar yang nilai UN kimianya 4.5. #bangga #semangatkemerdekaan.


5.       Mandi Internet Explorer

Kalo kalian punya keluarga serumah bertipe kaya gini. Selamat. Umur lu bakalan abis di depan kamar mandi nungguin dia doang. Ya sekarang gini, anggep kalian Cuma punya satu kamar mandi di rumah. Saat di pagi hari, seperti biasa dong. Kalian yang sekolah ya bakalan mandi. Apalagi kalo kalian punya 2 orang adik yang juga pengen sekolah. sama ada nyonya besar (baca : mak lampir) yang mau mandi juga. Dan salah satu diantara mereka adalah orang yang bertipe kaya gini. Maka bisa dipastikan nama kalian akan ada di daftar piket tiap hari. inget yah. Tiap hari. So, buat mencegah hal kaya gini. Saat mereka belum pada mandi. Mandilah duluan. Niscaya Allah akan memberi kemudahan pada orang yang selalu bersegera. (Hayah)


Mungkin itu dulu dari gua. Sebagai duta Air limbah dan buangan WC sekali lagi gua mengingatkan kepada kalian bahwa cintailah air. Kita gak tau gimana bumi kedepanya kalo kita aja gak peka sama keadaan bumi sekarang. Jangan boros air. Apalagi boros sabun.
Oke gut nait.


Fajar Fachri Maulana
Jakarta, 01 Juni 2015

image source: google.com

0 comments:

Blogger Template by Clairvo