Monday, March 18, 2013

Buang Galaumu jauh-jauh dengan ini.

Barusan gue dari SPBU. Beli asupan energi buat si jagur. Ngantrinya juga lumayan panjang lah. Ada beberapa sepeda motor yang ngantri juga di depan gue. Kita skip aja.. Tibalah giliran sepeda motor yang tepat di depan gue buat ngisi bensin juga. Ya gue sih biasa aja. sampai pada saatnya gue miringin si jagur dan BRAKKKK..!!! Dengan polosnya gue lupa nurunin standar samping. Kebodohan gue belum selesai sampai disitu. saat gue mencoba bangunin si jagur. Gue gak kuat. kampret. berat banget. tuhan tolong. tatapan orang-orang juga keliatanya lagi pada ngezoom muka gue semua. Mungkin mereka mikir "tuch orang pasti belom minum obat." iya gue keliatan bego banget tadi. akhirnya walaupun dengan susah payah gue bisa mendirikan si jagur lagi. dan tentunya "Tanpa Bantuan Orang Orang sendirian membangunkan motor seberat 110 kilo itu berat bung. udah itu doang ? wuih belum. sampai pada giliran gue buat ngisi bensin. tuch embak" pegawainya senyum-senyum sambil bilang "wah mas motornya jangan dibuang-buang dong, mending buat saya". dan saat itu juga gue merasa kemaluan gue membesar. iya rasa malu yang gue tanggung. malu malu ganteng gitu dech. Dah cukup intermezzonya.

Jagur juga merupakan sahabat gue yang selalu setia nemenin gue kemanapun gue pergi. dia gak bakalan rewel klo gue tinggalin. juga gak bakalan marah-marah kalo gue melakukan sesuatu yang salah. dia juga selalu ada waktu gue butuh dia. intinya dia salah satu sahabat yang gue punya. tempat melampiaskan segala kegalauan gue tentang dunia. iya kebiasaan gue kalau galau itu memacu sepeda motor hingga kecepatan tinggi. gue tau itu bahaya. tapi dengan begitu masalah gue juga seakan plong. gak berbekas. gue juga jarang curhat sama orang. biasanya gue lampiaskan semuanya dengan tulisan. ya cuma itu yang gue bisa.
kadang saat galau orang  akan melakukan suatu kegiatan yang menurutnya berguna untuk membunuh kegalauan. dan kegiatanya ini bermacam macam bentuknya. mulai dari yang biasa. hingga yang tidak bisa dijangkau akal sehat sekalipun. intinya mereka berusaha untuk melampiaskan kekesalan mereka dengan cara mereka sendiri.
gue mau ngerangkum apa aja cara pelampiasan orang waktu galau berdasarkan pengalaman gue melihat lingkungan di sekeliling.

Pelampiasanya :


1. tidur
tidur juga merupakan salah satu cara ampuh untuk membunuh kegalauan. tapi terkadang banyak orang yang menyelewengkan apa arti dari tidur yang sebenarnya. mentang mentang lagi galau kerjaanya tiduuur mulu. ya mendingan sih. daripada tidur selamanya.

"nah jadi itu beruang yang hibernasi juga pada galau dong jar ?"
"iya galau, makanya tidur"


2. maen game
entah itu game online maupun offline. biasanya pelampiasan dengan tipe seperti ini akan membuat orang tersebut beringas. dia akan membunuh siapa saja yang menghalanginya.. kawan atau lawan yang penting hajar. nembak asal asalan yang penting lega. ngecheat di depan GM. bodo amat, yang penting puas.
"jadi jar, kalo kita mau jadi gamer jago kita mesti galau dulu gtu ?"
"ya tergantung. kalo lu maenya farmville atau pet society sih sama aja"




3. update status
Gue saranin sih sdikit aja menggunakan cara seperti ini. Atau buatlah sebuah kode yang gak semua orang bisa mengerti status kalian. Contohnya kaya bikin status dengan salah satu sandi pramuka
Contohnya kaya sandi yang begini
"zpf hzbzmt pznf, nzfpzs pznf nvmqzwr kzxzipf"

Nah bingung kan, sebenernya sih gue cuma membalik tatanan huruf-huruf diatas. Kaya misalnya a jadi Z, B jadi y, C jadi X, d jadi w, dan begitu seterusnya
Tapi hindarilah terlalu sering menggunakan cara seperti ini. orang tipe kaya gini biasanya gak menarik. kenapa ? karena mudah ditebak dan membosankan.

Fulan Bin Fulan
"aduh gue galau tolongin dong. gue tenggelem di septic tank ni"
3 menit yang lalu 2 suka, 4 komentar sembunyikan dari beranda

"lah ? tapikan gunanya jejaring social untuk mengekspresikan diri jar ?"
"iya. dan bedakan juga antara ekspresi diri dan masalah pribadi"


4. Temen & sahabat
"Bro, lu ada acara kaga ?"
"kaga bro, ini aja gue lagi nyebokin ade gue"
"temenin gue keluar dong, galau ni gue"
"yaudah lu kerumah gue aja sekalian bantuin nyebokin ade gue"
"sip dech bro"
much much later
"bro gue pengen curhat ni"
"yaelah masih kaku aja, ngomong aja lagi"
"gue suka sama lu bro"
kemudian hening
intinya tipe kek gini sih melampiaskan kegalauanya ke temenya. entah itu curhat sampai beberapa sekuel atau ngajak hang out keluar. Tp biasanya teman yang baik akan selalu berusaha memberi solusi. sedangkan sahabat yang baik biasanya malah akan mengejek dan menertawakan kesalahan kita. ya biar kita lebih introspeksi diri gtu.
"kenapa gak ke orang tua jar ?"
"entahlah tapi sampai saat ini gue belum pernah curhat sama orang tua. dan kalaupun ada orang yang seperti itu gue yakin jarang. makanya gue masukin temen ke list ini"

5. Menulis
lewat tulisan orang tipe kaya gini biasanya melampiaskan semua kekesalan mereka. entah itu hanya dengan oretan oretan kecil atau malah menjadi sebuah rangkaian cerpen. biasanya sih yang kaya gini nih cewek. nulis nulis nama pacarnya di kertas terus dirobek robek tulis lagi dan dirobek lagi iya begitu terus sampe jelek.
"lah elu termasuk kan jar ? berarti lu cewek dong"
"ye gue juga masih punya antena kali. lagian tulisan gue kan berupa postingan di blog"

6. Makan
ya walaupun absurd tapi ini nyata. ada sebagian orang yang kalau galau dia akan makan dengan brutal. gak peduli dia udah nambah berapa kali dia akan tetap makan. kalo gue tipe yang kaya gini sih. mungkin badan gue dah sebesar brontosaurus. tapi brontosaurus tipe ganteng. haha
"lu yakin tipe kaya gini beneran ada jar ?"
"gue pernah baca di kaskus. bahwa sebagian orang yang stres lalu galau akan makan lebih banyak dari biasanya. gitu"

7. Keahlian tertentu
iya, jadinya mereka mereka ini akan melampiaskan kekesalan mereka atau kegalauan mereka pada keahlianya masing masing. Misalnya hacking jejaring sosial.
Contohnya lu lagi suka sama cewek nih. dan kebetulan lu juga punya keahlian membobol facebook orang. karena lu lagi galau belum bisa dapetin tuch cewek. maka elu akan berusaha untuk membobol facebooknya dan berharap dia minta bantuan ke elu.  tapi naas disaat lu udah berhasil membobol fbnya. dia malah minta bantuan sama temanya. dan usaha kita seperti sia sia belaka. akhirnya ya elu bakalan hack fbnya secara permanen.
"lo curhat jar ?"
"hah enggak. tapi itu true story buat gue."


8. Nyanyi
tau adele kan ? nah pelampiasanya doi tuch nyanyi. dan mungkin kita kalo lagi galau juga akan nyanyi. biasanya orang yang lagi galau juga akan mencari lagu yang lagi pas sama suasana hatinya sekarang sob. bedanya sih kalo adele nyanyinya pake hati kalo kita pake urat. tapi berusahalah untuk gak dengerin lagu yang akan membuat kita semakin merasa terpuruk. carilqh lagu yang have fun. saran sih cari aja dangdut koplo.
"lah knapa dangdut koplo coba ?"
"musik remixnya kan bisa bikin hati jadi bergejolak gitu.. haha"


9. operator telepon
234
"maaf, sisa masa aktif paket internet kamu tinggal 1 hari lagi. segera perpanjang atau isi ulang di outlet outlet terdekat."

me
"ikh perhatian banget dech. makasih kamu anak mana ?"

234
"maaf tipe pesan yang anda masukan salah, silahkan kirimkan berdasarkan ketentuan info : 200"

me
"yah sombong dech. tapi makasih yah"
absurd sih. tapi kenyataanya banyak yang justru malah melakukan hal bodoh seperti diatas. contohnya gue lagi. dan mungkin salah satu diantara pembaca sekalian. Haha.

"kenapa gak sim simi aja jar ?"
"oiya ke simsimi. Chating sama dia juga gak terlalu buruk kok"

ya mungkin itu dulu dari gue. intinya sih lampiaskanlah kegalauanmu secara sehat. percayalah, memendam sendiri masalah dan merenunginya bukanlah hal yang bagus. carilah cara yang bisa membuat kita justru malah semakin semangat dalam menjalani hidup.  galau yang positif. masalah gak akan selesai kalau kita hanya diam dan melihatnya semakin besar. cobalah mencari masalah baru, karena hidup ini juga merupakan masalah.

sekarang tutup mulut kalian dengan bantal lalu berteriaklah.
Tarik nafas dalam dalam dan
berteriaklah sekuat kalian bisa.
Ayo lakukan lagi.
BERTERIAKLAH UNTUK SEMUA MASALAH KITAAAA..!!!
AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA..!!!!!!!!!!
Go home problem, ur drunk.
sudah lebih baik ? haha oke dech selamat malam
.
Fajar Fachri Maulana
18/03/2013

0 comments:

Blogger Template by Clairvo